Misteri Kuliner Asli Samarinda

Seperti yang sudah dijadwalkan di #30harikotakubercerita sekarang aku akan bercerita tentang kuliner yang ada di kotaku Samarinda. Tapi jujur aja sebenarnya kota Samarinda bisa dibilang gak ada kuliner asli benar-benar khas Samarinda, it’s okelah ya.
Kali ini aku akan membahas misteri kuliner asli Samarinda, jangan langsung horor gitu dong ya liat tulisan misteri. Bukan cerita hantu kok (hehehe). Ya, emang masih misteri sih kalo mau ngomongin kulinernya Samarinda, coba aku jelaskan atau urutkan beberapa kuliner yang terkenal (hits) di Samarinda ini dalam bentuk list yan

1. Amplang
Kudapan yang dibuat dari ikan tenggiri atau ikan yang lainnya dan dicampur dengan tepung lalu di goreng.  Jika kita liat dari wikipedia Amplang termasuk khas Samarinda, tetapi di beberapa penjelasan, amplang juga ada di Balikpapan dan di daerah Sumatera juga ada Amplang. Dan di wikipedia gak di jelasin juga sih siapa yang menemukan Amplang ini  

 
2. Lemang 

Makanan ini dibuat dari beras ketan dicampur santan lalu dimasukkan kedalam bambu lalu dibakar. Di Samarinda kalo mau cari Lemang bisa ke Jalan Pulau Sebatik tepat depan sebuah bank, dan hanya buka dari sore sampai malam hari. Tapi sebenarnya lemang gak berasal dari Samarinda, bahkan di tempat lain hingga di Malaysia sana juga ada lemang tentu dengan nama lain tentunya

  

3. Nasi kuning

Terlalu angkuh dan sombong memang kalo Nasi Kuning asal muasalnya dari Samarinda, karena di tempat lain seperti Banjarmasin Kalimantan Selatan juga banyak dan hampir di seluruh Indonesia ada Nasi Kuning, tapi aku akan mengatakan IYA jika Nasi Kuning dari Samarinda itu paling enak se Indonesia atau sedunia mungkin.  

 
4. Soto Banjar

Dari namanyanya aja udah tau kan asalnya Soto Banjar itu dari mana? Yaiyalah dari Banjar Kalimantan Selatan. Apa karena di Samarinda banyak orang Banjar dan bahasa kesehariannya pun pakai bahasa Banjar. Tapi ya bisa aja sih karena itu, dan sekali lagi Soto Banjar itu bukan asalnya Samarinda loh ya (hehehe)  

 

Nah itu sih beberapa kuliner yang katanya khas Samarinda, dan masih misteri sih yang benar-benar asli Samarinda, tapi makanan di atas bisa kamu dapatkan di Samarinda, dan lagi-lagi kalo ke Samarinda aku bisa kok temanin kalian buat ketempat yang ada makanan di atas (hehehe)

Advertisements

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s