Legenda Dari Tanah Borneo

Ini sebenarnya bukanlah mitos atau legenda dari Samarinda atau Kalimantan Timur saja, tapi mitos ini sudah terdengar dari dulu di seluruh bagian Kalimantan lainnya

pic by google
ilustrasi sosok Panglima Burung – pic by Google

Sengaja saya menjabarkannya kembali di sini agar supaya bagi yang belum tahu bisa mengetahuinya tentang mitos sekaligus legenda dari tanah Borneo, dia adalah Panglima Burung (hmmm sudah seperti intro film kolosal gak? hehehe)

Kalimantan, salah satu pulau terbesar di Indonesia. Yang juga menjadi sala salah satu paru-paru dunia dengan hutan lebatnya (walau lagi kebakaran hutan di beberapa tempat karena kemarau) pulau yang indah nan elok yang suku aslinya lebih didominasi oleh suku dayak. Suku dayak pun banyak macamnya, tapi ada satu mitos yang juga menjadi legenda bagi suku dayak dan warga Kalimantan itu sendiri, yaitu Panglima Burung .

Panglima Burung dipercaya sebagai seorang yang sangat agung, berwibawa, sakti dan bisa dibilang sebagai pemimpin dengan jiwa ksatria, sosok Panglima Burung diceritakan tinggal di pedalaman Kalimantan dan sering disebut sebagai Pangkalima dan dipercaya mempunyai kekuatan gaib. Banyak cerita tentang sosok Panglima Burung, mulai dari dia adalah seorang laki-laki atau perempuan, bahkan ada yang mengatakan kalau Panglima Burung berumur ratusan tahun, hingga ada yang menyebutkan kalau Panglima Burung kadang berubah menjadi seekor burung enggang, burung khas Kalimantan.

Burung Enggang, burung khas endemik Kalimantan - pic by google
Burung Enggang, burung khas endemik Kalimantan – pic by Google

Tidak hanya sakti, berwibawa dan agung sih sebenarnya. Sosok Panglima Burung juga digambarkan sebagai seorang yang penyabar, kalem dan cinta damai (seperti saya cinta damai juga, hehehe). Pernah diceritakan bahwa Panglima Burung pernah keluar dari tempatnya di pedalamannya sana pada saat kerusuhan di Sampit, tapi sampai sekarang kebenaran itu tidak terlihat, dan hanya sebagai isapan jempol semata.

Panglima Burung juga disebut sebagai pemersatu suku Dayak - pic by Google
Panglima Burung juga disebut sebagai pemersatu suku Dayak – pic by Google

Namun yang bisa kita gambarkan bahwa Panglima Burung adalah cerminan suku Dayak secara umum. Baik itu sifatnya, tindak-tanduknya, dan segala sesuatu tentang dirinya adalah cerminan orang Dayak itu sendiri, maka tidak heran jika Panglima Burung selalu menjadi mitos dan legenda, bagi orang banyak tapi tidak bagi orang Dayak.

Itulah sedikit cerita tentang mitos dan legenda dari Kalimantan, bukan hanya Samarinda.

Advertisements

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s