img_4422

Mengikuti tema minggu ini di #1Minggu1Cerita dengan tema “arti sebuah nama” kali ini aku mau bercerita sedikit tentang namaku Eka Supriadi dan panggilanku Socku Peace. Iya, namaku Eka Supriadi. Biasa sebenarnya iya biasa memang kalau dirasa atau dilihat orang lain, karena cuma nama Eka dan Supriadi.

Tapi menurutku nama Eka Supriadi adalah nama spesial yang diberikan oleh orang tuaku, kenapa spesial?? Menurut cerita orang tuaku dulu sebenarnya namaku itu panjang yaitu Eka Prasetya Panca Karsa, untuk ukuran seorang yang sukunya Bugis itu adalah nama yang jauh dari biasa dan katanya terlalu panjang dibandingkan dengan nama kelima saudaraku dan kedua orang tuaku yang hanya satu kata saja di setiap namanya. Akhirnya ibuku memutuskan hanya menggunakan nama Eka saja yang dipakai ditambah dengan Supriadi nama seorang dokter yang pernah merawat aku pada waktu aku baru lahir.

Agak aneh memang kenapa bisa pakai nama Eka yang artinya satu (1) padahal aku anak kelima dari enam bersaudara, tapi mungkin diambil dari Eka Prasetya Panca Karsa itu ya? Ditambah Supriadi jadilah Eka Supriadi, nama yang spesial karena punya 2 kata dibanding saudaraku yang lain.

Socku Peace, nama panggilanku. Karena aku sukunya bugis tidak afdol rasanya kalau tidak punya nama panggilan, seperti orang bugis pada umumnya pada saat kecil anak laki-laki akan dipanggil Aco dan anak perempuan dipanggil Becce jika baru lahir belum diberi nama. Lain cerita dengan diriku, aku memang sudah punya nama pada saat baru lahir. Nama Socku sendiri ditujukan padaku saat aku berumur sekitar 10 tahun oleh pamanku, dulunya cuma dipanggil Sokku tapi karena mengikuti jaman aku merubahnya menjadi Socku. Awalnya aku tidak tau arti nama itu tapi setelah kutanyakan ke pamanku ternyata dulu aku mirip dengan orang dikampung (Sul Sel) sana yang bernama Sokku.

Kata Peace sendiri aku tambahkan dibelakang nama Socku karena aku adalah seorang Slanker, yap Slankers dan aku juga cinta damai sih sebenarnya, hehe. Jadi nama panggilanku di Samarinda ini adalah Socku Peace bahkan waktu menjadi penyiar radio dulu aku juga menggunakan nama Socku Peace sampai di beberapa sosialku juga namanya Socku Peace, dan mungkin nama Socku juga satu-satunya di Indonesia atau dunia (kepedean)

Itulah namaku yang spesial Eka Supriadi A.K.A Socku Peace

 

