http://www.kutaikartanegaranews.com/2016/07/seekor-pesut-mahakam-ditemukan-membusuk-di-muara-kaman.html
source http://www.kutaikartanegaranews.com/2016/07/seekor-pesut-mahakam-ditemukan-membusuk-di-muara-kaman.html

🐬”Kakak, di mana kita? kenapa kita bisa sampai ke sungai ini?”
🐬”tenang dik, kita mungkin lebih aman di sini, karena rumah kita sudah tidak layak untuk kita tinggali
🐬”kenapa kak? Padahal sungai itu kan rumah kita, kita sudah lama tinggal di sana, aku senang hidup berdampingan dengan mereka”
🐬”semua sudah berubah dik, sungai itu sudah tidak layak untuk kita, sungai itu sudah kotor dengan dengan limbah kayu, limbah batubara, dan sekarang sungai itu dipenuhi sampah. Sungai itu sudah terlalu ramai dengan aktifitas kapal dan klotok yang lalu lalang, itu tidak aman bagi kita”
🐬”tapi kak, bagaimana dengan sumber makanan kita? Apakah di sini cukup kita mendapat makanan, apakah banyak udang kecil yang bisa kita makan”
🐬”berdoalah dik, semoga keserakahan manusia tidak sampai ke sini, kita juga harus sering menjaga diri dan bersembunyi agar kita bisa selamat”

Mungkin begitulah percakapan Pesut Mahakam (orcaella brevirostris) saat mereka harus menghilang dari keganasan Sungai Mahakam di kota Samarinda yang semakin tidak terkendali, seperti diketahui satwa langka itu terancam punah sekarang, padahal dulu Pesut Mahakam hidup damai berdampingan dengan manusia di sungai besar Kalimantan, karena ada legenda tentang Pesut Mahakam

Iya, mereka harus menghilang. Menghilang dari keramaian dan kebisingan Sungai Mahakam, mereka harus mencari kualitas air yang baik untuk ditinggali, karena Sungai Mahakam di Samarinda sudah tercemar dan itu mengganggu habitat mereka

Kini, Pesut Mahakam hanya akan menampakan diri saat arus Kedang Pahu (anak Sungai Mahakam), Kecamatan Muara Pahu (Kutai Kartanegara) jauh dari kota Samarinda, di situ lah mereka tinggal untuk saat ini. Walau jika ingin melihat mereka muncul perlu dengan perjalanan yang jauh dan waktu yang lama

Pesut Mahakam hanya akan menampakkan diri saat waktu sebelum senja, karena Pesut Mahakam adalah satwa pemalu yang prilakunya sangat berbeda dengan lumba-lumba. Pesut adalah mamalia pasif yang suka menyembunyikan dirinya, sangat beruntung jika kita bisa melihatnya secara langsung dengan mata kita, buka berupa patung monumen atau gambar belaka.

 

14232506_1088715961182653_8045225825818396804_n
#1Minggu1Cerita
Advertisements