Halo, apa kabar? Kembali lagi di blog yang tidak penting ini. Semoga yang baca masih sehat, aamiin. Oke, sesuai dengan tema dari project #1minggu1cerita yaitu “Budaya Komsumtif” kali ini saya akan buat beberapa list tentang yang sedikit berhubungan dengan tema tersebut, dan dilihat dari judul mungkin ada yang akan berpikiran sama seperti saya. Baiklah kita mulai saja beberapa hal yang berlebihan dari orang Indonesia. 

1. OVER INTERNET

Pernah terbayang tidak jika di Indonesia, pengguna internetnya adalah salah satu yang paling besar di dunia? Jika berpikiran seperti itu tidak heran jika penggunaan kuota untuk internet melalui handphone pasti sangat besar, dan itu semua juga pasti memerluka kuota data yang tidak sedikit juga. Semisalnya saja saya sendiri yang bisa mengeluarkan dana untuk bisa berselancar di dunia maya mungkin bisa habis hingga 500 ribu sampai 1 juta Rupiah setiap bulannya, terbayang dong besarnya itu cuma untuk internet lewat handphone. Menurut saya itu adalah salah satu pengeluaran yang berlebihan, padahal dengan duit sebanyak itu bisa saja ajak teman atau keluarga untuk makan-makan bareng di cafe dan bisa bersosialisasi dengan orang lain. Bukannya malah sambil main handphone. 😀

2. MENGIDOLAKAN SELEBRITIS

Nah ini salah satu hal yang berlebihan juga dari orang-orang di negara ini, mengidolakan selebritis. Tahu kan ibu-ibu penggemar serial India dan Turki yang rela tidak masak buat suami dan anaknya demi nonton serial itu, remaja gadis labil yang geregetan dengan oppa-oppa korea yang menurut saya mukanya mirip semua rela dinding kamarnya penuh dengan poster oppa-oppa dan sampai terbawa mimpi bisa pacaran dengan oppa-oppa dan juga cowo-cowo tuna asmara yang menyebut dirinya VVOTA (red: wota) rela membawa lampu tukang parkir cuma untuk nonton dedek gemes nyanyi di atas panggung. 3 contoh di atas bisa jadi contoh mengidolakan selebritis yang berlebihan dari orang-orang kita di samping banyak lagi contoh lainnya.

3. TERPERDAYA BERITA HOAX

Nah ini seru nih, berita HOAX atau lebih dikenal berita bohong. Iya beberapa bulan terakhir negara ini banyak berseliweran di media tentang berita hoax, entah itu media sosial, media cetak dan juga media elektronik. Orang Indonesia mudah terperdaya dengan berita-berita hoax (semoga yang baca ini nggak) mungkin itu ada imbas dari kebanyakan buka media sosial yang menghabiskan kuota internet yang sebenarnya tidak perlu atau mungkin juga terlalu mengidolakan selebritis hingga akhirnya lupa kalau selebritis cuma manusia (apasiiihh). Tapi yang jelas terperdaya dengan berita hoax bagi orang kita sangatlah mudah jadi harap berhati-hati dalam menerima informasi. #piss

Nah sepertinya 3 hal tersebut adalah salah satu hal yang berlebihan dari orang-orang di Indonesia, dan 3 hal tersebut menurut saya sudah menjadi bahkan mungkin sudah membudaya di negara ini (MUNGKIN) dan mungkin juga banyak lagi hal-hal yang berlebihan di luar sana dari orang-orang kita.

Advertisements